Cap "Orang Aneh"

__Atin Supartini
Gambar terkait 
     Setiap orang yang hidup di dunia ini rata-rata memiliki kehidupan yang sama:makan, tidur, mandi, bicara, beribadah, bekerja, dan bersosialisasi tetapi kepribadian, karakter, ide, perilaku dan bentuk tubuh pasti berbeda. Misalnya, terdapat orang yang memiliki kepribadian ekstrovert atau orang yang mudah bergaul dan cenderung banyak bicara. 

    Ada juga orang yang introvert yaitu orang yang suka menyendiri dan irit bicara. Terkadang jika kita berbeda dari orang lain, kita akan dicap aneh, seperti karena kita tidak suka bergaul dan yang lainnya. 

    Berbicara orang aneh mungkin terlintas di benak kita orang aneh itu orang yang mengundang banyak perhatian. Di dunia ini terdapat orang-orang aneh, seperti Hiroo Onoda; tentara Jepang yang bersembunyi di hutan Guam selama 30 tahun karena menganggap perang dunia ke-2 masih berlangsung. 
    Ngoc seorang bapak yang menderita insomia di Vietnam, beliau tidak tidur sama sekali sekitar 30 tahun. Michel Lotito, pria kelahiran Hungaria yang memakan apa saja mulai dari logam, karet, dan lainnya. Iih serem ya. Dutcham wim Hof, pria yang mampu berenang di air es dan masih banyak lagi orang aneh lainnya.(sumber: suara.com) 
    Suatu momen terputar kembali dalam memori kenangan, Saya sendiri pernah dicap 'orang aneh.' Pertama, dulu ketika Saya duduk di sekolah menengah pertama (SMP) tepatnya di kelas delapan. Saat pembelajaran berlangsung, seorang guru bahasa Indonesia melontarkan sebuah kalimat:
      "Atin itu orang aneh," lalu, terdengar teman di belakang menimpali "Pendiam ya, Pak?"        "Bukan!" 
      "Lalu, apa Pak?" teman mulai penasaran.
      "Dia bisa meraih peringkat pertama, menulis jurnal sampai beberapa lembar dan datang ke sekolah suka pagi-pagi. Bagaimana cara membagi waktunya?" ucapan sang guru yang terngiang di benak. Kala itu Saya hanya bisa tersenyum pada beliau. 
     Kedua, Saya dicap sebagai 'orang aneh' oleh tuan rumah saat Saya merantau di Jakarta. Beliau menyebut Saya 'orang aneh' dengan alasan melihat Saya semangat setiap kali bekerja. Semua orang pasti memiliki kesibukan dan pekerjaan masing-masing yang menguras tenaga. 
     Kita harus bisa memanfaatkan dan mengatur setiap bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang sudah direncanakan dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan supaya mencapai tujuan yang efektif dan efesien. Kita perlu membiasakan bekerja dan disiplin waktu atau dengan kata lain tidak menunda-nunda pekerjaan. Karena manajemen waktu yang baik merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan kita. 
      Ingat! Sesuatu yang spesial tidak pernah meminta perhatian. Jika kita punya sesuatu yang spesial bagi diri sendiri, tidak perlu menginginkan orang lain menganggap itu spesial juga. Biarkan waktu yang menjawab pertanyaan. Jika kita menyukai sesuatu pekerjaan, jadilah orang yang berani, fokus dan konsisten melakukan apa yang kita cintai dan yakini itu. Walau kadang itu dianggap aneh, atau bahkan diremehkan oleh orang lain. Terima kasih, Saya ucapkan pada mereka yang telah mengecap Saya sebagai "orang aneh." -

Bungbulang, 16 April 2019

0 Response to "Cap "Orang Aneh""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel